Pages

Monday, June 28, 2010

Mickey Mouse

Mickey Mouse dalam bahasa Inggris adalah sebuah karakter kartun yang menjadi ikon bagi The Walt Disney Company yang diciptakan oleh Ub Iwerks pada 1920-an. Mickey Mouse telah berkembang dari sekedar tokoh animasi menjadi salah satu simbol yang terkenal di dunia. Dalam beberapa kartun Mickey awal, suaranya diisi oleh Walt Disney sendiri.

Mickey dan Minnie muncul untuk pertama kali dalam Plane Crazy yang dirilis pada 15 Mei 1928. Namun, The Walt Disney Company kemudian merayakan "hari lahir" Mickey Mouse pada 18 November 1928, yaitu tanggal rilis animasi Steamboat Willie, film animasi Mickey Mouse yang pertama kali menggunakan suara.

Mickey Mouse mencapai kejayaannya dimulai dari tahun 1930-an sampai 1950-an. Namun, diawal tahun 1950-an posisi kejayaannya lambat laun tergeser oleh Tom and Jerry yang mempunyai rating dan penggemar lebih tinggi dari Mickey Mouse and the Silly Symphonies. Pada tahun 1955, kejayaan Mickey Mouse benar-benar tergeser oleh rekannya yang sama-sama berada di Walt Disney, Donald Duck yang juga mempunyai penggemar lebih banyak dari Mickey.

Presiden AS Jimmy Carter pernah mengatakan "Mickey Mouse is the symbol of goodwill, surpassing all languages and cultures. When one sees Mickey Mouse, they see happiness." (Miki Tikus adalah simbol kebaikan melampaui semua bahasa dan budaya. Saat seseorang melihat Miki, ia melihat keceriaan).

No comments:

naruto1